DAS

Selasa, 29 November 2011

Headphone




         Saya akan menuliskan narasi tentang film pendek yang di produksi HomeMade serta di sutradarai Reyhan Christy yang bertema "Headphone" . Film pendek ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama saga pemuda tersebut tidak pernah lepas dari headphonenya maka pemuda hanya memperhatikan hidup dengan melihatnya saja dan tidak mendengarkannya atau merasakan apa yang sedang terjadi dalam hidup ini, pemuda tersebut telah pergi ke jerman dan baru sampai di jakarta  . Kata pemuda tersebut "dengan musik , semua itu bukan masalah" , pemuda tersebut setibanya di jakarta langsung bergegas menuju hotel dengan selalu menggunakan headphonenya sehingga pemuda tersebut jarang atau bahkan tidak peduli sama sekali dengan apa yang terjadi di sekitarnya karena sedang asiknya mendengarkan headphonenya.Dalam perjalanannya menuju hotel , pemuda tersebut naik kendaraan taksi . Dalam tengah perjalanan tersebut terdapatnya sekumpulan orang yang sedang berdemo , seorang supir taksi pun memberikan tanggapan dengan apa yang terjadi dengan demo tersebut tetapi dalam taksi tersebut pemuda itu tidak peduli sama sekali dengan apa yang terjadi dengan demo bahkan sampai supir taksi itupun tidak di tanggapi sama sekali oleh pemuda tersebut karena sibuk dengan headphonenya. Sesampainya di hotel itu pemuda itu menaiki lift , di dalam satu lift tersebut ada sepasang kekasih yang sedang melakukan perbuatan yang tidak etis dan pemuda tersebut hanya melihat saja sambil sibuk dengan mendengarkan headphonenya sehingga tidak peduli dengan apa yang dilakukan sepasang kekasih tersebut.
           Pada hari-harinya pemuda tersebut melakukan semua aktivitasnya tanpa sedikitpun melepaskan headphonenya , selalu melakukan aktivitasnya sambil menggunakan headphonenya . Pergi ke kamar mandi pun masih menggunakan headphonenya serta tidurnya pun tetap menggunakan alat tersebut . Pagi harinya pemuda tersebut ingin mengunjungi kekasihnya yang bernama shilla , dalam perjalananya menuju rumah kekasihnya terjadi pencopetan , pemuda tersebut pun tidak mengetahui apa yang sedang terjadi dan ia sama sekali tidak mempedulikan dengan apa yang terjadi karena sibuk dengan headphonenya , sampai - sampai ketika pemuda tersebut di marahi oleh pemilik barang yang kecopetan itu pemuda tersebut pun masih sempat menggunakan headphonenya dan tidak peduli dengan apa yang di alami pemilik barang . Sesampainya pemuda tersebut langsung mengetuk pintu tesebut , keluarlah shilla yang berpenampilan sangat muram karena pengaruh  narkoba . Pada saat berbicaranya pasangan kekasih tersebut kekasih pemuda tersebut gelisah karena pengaruh obat-obatan tersebut dan kekasihnya membohongi berbicara ingin makan di luar ingin bersiap-siap pergi lalu kekasihnya pergi ke kamar mandi , kekasihnya dalam kamar mandi pun langsung memakai narkoba itu lagi serta melakukan yang membuatnya tenang . Sang pemuda pun memakai kembali headphonenya sambil menunggu kekasihnya , kekasihnya pun mengalami overdosis dan sambil memanggil - manggil pemuda tersebut tetapi pemuda tersebut tidak mendengar karena memakai headphone . Pemuda itupun heran lamanya kekasihnya bersiap untuk makan di luar , pemuda itu langsung mengecek ke kamar mandi serta mengetuk pintu tersebut tetapi tidak ada jawaban dan pemuda itu mendobrak pintu tersebut , pemuda itu melihat kekasihnya yang terbujur kaku . Pemuda itupun berteriak minta tolong karena tertekannya pemuda itu lari keluar terus berlari pemuda itu melihat apa yang sebelumnya terjadi dalam perjalanan kerumah kekasihnya pemuda itu lari sambil berteriak dan pemuda itupun membuang headphonenya . Kekasihnya pun meninggal akibat overdosis kemudian di makamkannya kekasihnya tersebut , pemuda itu pun sangat menyesal dengan apa yang terjadi dan apa yang dilakukannya , pemuda menjadi sadar atas kepergian kekasihnya itu .
          Sekian narasi yang telah sampaikan tersebut , kita bisa belajar dari pengalaman pemuda tersebut bahwa hidup tidak hanya di lihat saja , tetapi kita juga harus mendegarkan dan merasakan apa yang sedang terjadi di sekitar kita agar kita bisa memahami apa yang sedang terjadi tidak acuh tak acuh dengan apa yang terjadi dengan kejadian di sekitarnya dalam kejadi diatas .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar