DAS

Jumat, 04 November 2011

FUNGSI KELUARGA

sebelum kita membicarakan fungsi keluarga kita sebelumnya pasti tahu apa itu keluarga . keluarga merupakan suatu tempat dimana anak berinteraksi sosial dengan orangtua . yang mana keluarga terdiri dari ayah , ibu , anak dan lain - lain . kita disini sudah mengetahui apa itu keluarga dan apa saja yang terdapa di keluarga sekarang kita akan membicarakan fungsi keluarga .

fungsi keluarga sendiri merupakan hal - hal yang harus di lakukan dalam suatu keluarga . dan fungsi keluarga sendiri juga bermacam - macam yaitu :         
1 . fungsi biologi
2 . fungsi pendidikan
3 . fungsi ekonomi
4 . fungsi keagamaan
5 . fungsi sosial

disini saya akan membicarakan fungsi keluarga yang sangat berkesan bagi saya yaitu fungsi pendidikan dimana keluarga membimbing dan medidik agar dapat menyesuaikan aturan yang berlaku dalam masyarakat . kita di didik agar menjadi manusia yang mampu berpikir dewasa dan bijak . dimana lingkungan keluarga juga merupakan lingkungan yang paling utama , karena sebagian besar kehidupan anak di dalam keluarga . sehingga pendidikan yang paling banyak di terima anak ialah dalam keluarga.

beberapa hal yang dilakukan keluarga dalam pendidikan anak yaitu sebagai pengalaman pertama masa kecil anak , menjamin kehidupan emosional anak , menanamkan dasar pendidikan moral anak , memberikan dasar pendidikan sosial , bertanggung jawab dalam memotivasi dan mendoro keberhasilan anak serta memberikan kesempatan belajar dengan mengenalkan berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi kehidupan anak sehingga ia mampu menjadi manusia dewasa yang mandiri .

untuk menjalankan fungsi tersebut dalam keluarga orang tua harus memiliki kualitas diri yang memadai , mengetahui apa yang anak pelajari ,dan memahami peran mereka dalam keluarga dalam membesarkan anak. sehingga anak akan berkembang sesuai yang di harapkan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar