DAS

Jumat, 14 Oktober 2011

APAKAH LINGKUNGAN SOSIAL ITU ?

Yah kita tahu bahwa kehidupan kita tidak lepas dari lingkungannya . Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial , Kita melakukan sesuatu sangat bergantung pada lingkungan . Lingkungan sendiri juga memiliki pengertian yaitu segala sesuatu yang ada di sekitar kita dan dapat mempengaruhi perkembangan kehidupan kita baik secara langsung maupun  secara tidak langsung . Dan sosial sendiri memiliki arti kemasyarakatan atau keadaan dimana terdapat kehadiran orang lain . 

Dan lingkungan sosial juga memiliki arti sendiri yaitu lingkungan yang terdiri dari mahluk sosial ( manusia ). Lingkungan sosial inilah yang membentuk sistem pergaulan yang besar peranannya dalam membentuk kepribadian seseorang.

Lingkungan sosial seseorang pertama di bentuk dalam lingkungan keluarga , Lingkungan keluarga merupakan media pertama dan utama yang berpengaruh terhadap perilaku anak. Di dalam lingkungan keluarga kita di berikan pendidikan agar anak menjadi mandiri , tidak hanya mandiri saja tetapi kita juga bisa mengarahkan dirinya pada keputusannya sendiri untuk mengembangkan kemampuan fisik , mental , sosial dan emosional yang di milikinya, sehingga dapat mengembangkan suatu kehidupan yang sehat dan produktif. Untuk suasana dalam lingkungan keluarga kita harus menciptakan suasana yang kondusif , yaitu suasana yang saling terbuka , saling menyayangi dan saling mempercayai.

Lingkungan keluarga merupakan bekal untuk kita dalam melakukan sosialisasi dalam lingkungan sosial yang mencangkup luas dan tidak hanya dalam suasana rumah , tetapi juga bisa kita menggunakan bekal itu dalam lingukangan sosial dalam masyarakat dan lainnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar