DAS

Jumat, 13 April 2012

KONSEPSI IBD DALAM KESUSASTRAAN


I . Pendekatan Kesusastraan

Definisi Seni dan Sastra

Seni merupakan pengekspresian cita rasa seseorang yang diluapkan dalam satu karya yang dapat dikatakan unik atau menarik .

Sedangkan sastra sendiri tidak jauh beda pengertiannya dengan seni yaitu merupakan ekspresi gagasan dan perasaan manusia yang di bentuk dalam tulisan yang bagus dan menarik.

Kaitan Sastra dengan IBD

Sastra dan seni sangat berkaitan dengan ilmu budaya dasar karena kita dapat menyatukan sesuatu yang ingin diluapkan dalam bentuk tulisan yang disebut sastra dengan budaya yang sedang berkembang saat ini sehingga kita dapat mengetahui nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Peranan Sastra

Karya sastra dapat membawa pembaca terhibur melalui berbagai cerita atau kisah yang disajikan oleh pengarang mengenai kehidupan yang di tampilkan, pembaca dapat memperoleh pengalaman dari karya sastra tersebut. Karya sastra juga dapat memperkaya jiwa/emosi pembacanya melalui pengalaman hidup para tokoh dalam karyanya. Serta memperkaya pengetahuan intelektual pembaca dari gagasan , pemikiran yang di gambarkan dalam karya.

II. IBD yang Dihubungkan dengan Prosa

Pengertian Prosa

Prosa merupakan suatu ekpresi penulis yang disajikan dalam bentuk cerita bebas , tidak terikat oleh rima dan irama seperti puisi.

Jenis – jenis prosa dan Komponennya

Prosa lama : yaitu prosa yang belum terpengaruhi budaya barat.
       contoh : Fabel, Legenda, Cerita rakyat (folklore), Tambo, dan Cerita pelipur lara.
 
Prosa baru  : yaitu prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apapun dan dipengaruhi budaya barat.
       contoh : Roman, Riwayat, Antologi, Resensi, dan Kritik.

III. Nilai – nilai Dalam Prosa Fiksi

Pengertian prosa fiksi

Merupakan prosa tidak nyata, khayalan yang bisa mengembangkan imajinasi kita yang melihat sebuah bacaan dan membuat kita menciptakan alur cerita sendiri sehingga kita merasa tidak bosan .

Nilai – nilai pada prosa fiksi
  • Memberikan kesenangan
  • Memberikan informasi
  • Memberikan warisan kultural
  • Memberikan keseimbangan wawasan
IV. Nilai Budaya Dasar yang dihubungkan dengan puisi

Pengertian Puisi

Puisi merupakan sebuah ekpresi atau perasaan yang tersirat dari pengarang yang diungkapkan dalam bentuk tulisan yang maknanya konotatif.

V. Contoh Prosa fiksi dan Puisi
Prosa   I
RUANG BELAJARKU

Ketika saya berdiri didepan pintu kelas, saya langsung terpana oleh lantainya yang kinclong. Seirama dengan hal-hal yang serba kaca di luarnya. Lantai kelas yang terbuat dari akyu di luarnya, sangat menyenangkan. Di samping nyaman, kesannya juga sangat bersih. Apalagi disekitar meja dosen yang di lapisi dengan karpet. Lcd yang sudah siap, meja dan kursi belajar juga simpel dan enak, gambar-gambar pahlawan yang menjadi hiasan di kelas juga sangat cocok.

Di sisi ada kiri ada lampu duduk yang besar yang tangkai besinya terlihat amat panjang. Kursi dosen yang di lengkapi dengan bantalan empuk. Ruangan yang full AC membuatku betah mengikuti mata kuliah.

Fasilitas belajar yang lengkap dan mutu yang tinggi bisa di peroleh. Apalagi setiap mata kuliah terkadang berkomunikasi dalam bahasa inggris sehingga mahasiswa akan terbiasa. Tenaga pengajar yang professional sangat handal di depan mahasiswa.

Proses belajar mengajar berlangsung, tanpa ada keributan semua mata tertuju pada laptop yang sudah tersedia di setiap meja mahasiswa sehingga mahasiswa tidak mencatat materi pada kertas.

Pewangi ruangan yang begitu lembut, dan ruangan yang bebas sampah sangat mendukung konsentrasi murni dalam proses pembelajaran.





Prosa II
                                                   ISTANA IMPIANKU

Ketentraman dalam rumah tangga, merupakan idaman setiap orang salah satunya keadaan dan suasana dalam rumah. Udara segar, dengan hembusan angin yang sejuk, suara air yang menyenangkan hati, dan suasana nyaman bisa tercipta secara alami di dalam rumah. Suasana hijau dan adem akan langsung terasa karena taman yang tertata dengan baik, serta aneka bunga yang tumbuh di taman tersebut.
Lantai dasar taman yang dipenuhi oleh hamparan batu warna-warni, diatasnya tersimpan beragam jenis bunga, rimbunan bamboo kuningyang menjulang ke atap rumah. Tumbuhan bunga yang merambat memenuhi dinding rumah serta perpaduan zat hijau daun dengan cat berwarna putih menimbulkan kesan yang menarik.
Dapur rumah yang di tempatkan di samping kiri rumah sederhana tetapi nyaman bagi keluarga. Selain dapur, terdapat tempat mencuci pakaian, jemuran pakaian, ruang makan dan kamar pembantu.
Rumah yang dilihat dari depan berlantai satu, namun ketika masuk dalam rumah akan tampak lantai bagian atas pada dinding belakang. Pastinya, rumah seperti ini memacu kenyamanan dalam rumah.

Puisi
                                                KEINDAHAN ALAM

Batapa indahnya alam ini
Laut berombak-ombak
Awan berarak-arak
Udara segar bertiup-tiup

Aku berdiri di atas guning,
Berdiri di bawah langit
Untuk melihat keindahan alam,
Keindahan dunia

Aku mempertaruhkan nyawa,
bertahan diri di atas guning
Demi melihat keindahan alam
keindahan ciptaan Tuhan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar