DAS

Selasa, 03 Juli 2012

Manusia dan Lingkungan Hidup


I . Pengertian Pandangan Hidup dan Ideologi

Pengertian Pandangan Hidup

Pandangan hidup merupakan cara pandang manusia dengan melihat tingah laku atau kehidupan mereka sehari-hari yang mereka jadikan pedoman dalam hidupnya. Pandangan hidup ini tidak bisa ditentukan dengan mudah , butuh waktu lama untuk menentukan pandangan hidup seseorang.

Sumber Pandangan Hidup

Sumber pandangan hidup banyak sekali macam dan ragamnya , tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan sumbernya yaitu terdiri dari 3 macam :

·         Pandangan hidup yang berasal dari agama.
·         Pandangan hidup yang berasal dari ideologi.
·         Pandangan hidup yang berasal dari renungan.

Pandangan Hidup Muslim

Fungsi manusia berada di muka bumi ini adalah sebagai khalifah (pemimpin) di bumi. Tujuan penciptaan manusia disini yaitu untuk menjalani perintahnya dan menjauhi apa yang dilarangnya sehingga kita memiliki bekal yang di bawa bila kita sudah kembali lagi kepadanya .

Pengertian Ideologi

Ideologi adalah suatu gagasan atau ide yang merupakan suatu inti dari semua orang pikirkan. Biasanya ideologi banyak di gunakan baik dalam kalangan politik, sosial, dan lainnya.

Hak ideologi

Hak – hak ideologi antara lain yaitu :
·         Hak memperoleh kebebasan.
·         Hak memperoleh perlindungan sebagai warga negara.

II . Cita - cita

Pengertian Cita - cita

Cita – cita adalah suatu harapan atau impian, cita – cita juga bisa di katakan sebagai tujuan hidup kita kelak di masa depan. Cita – cita tersebut bisa dijadikan pedoman untuk hidup kita agar kita terus bersemangat terhadap apa yang dinginkannya kelak. Cita – cita pasti dimiliki oleh setiap manusia.

Contoh cita – cita

pada saat sd saya memiliki cita – cita yaitu sebagai dokter , kenapa bercita – cita begitu karena saya berpikir suatu saat bila saya menjadi dokter saya bisa menyembuhkan keluarga, saudara dan teman saya yang sakit sehingga mereka tidak usah repot – repot pergi kedokter. Cita – cita itu dapat timbul dari keinginan dan cita – cita tersebut dapat berubah – ubah kapan pun itu.

III . Kebajikan

Pengertian Kebajikan

Kebajikan adalah merupakan suatu perbuatan baik yang membuat semua orang disekitar kita bahagia. Kebajikan juga dapat menenangkan hati bagi yang melakukannya.

Makna Kebajikan

Makna kebajikan Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik, mahluk bermoral. Atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik Manusia adalah seorang pribadi yang utuh yang terdiri atas jiwa dan badan. Manusia merupakan mahluk sosial: manusia hidup bermasyarakat, manusia saling membutuhkan, saling menolong, saling menghargai sesama anggota masyarakat. Sebaliknya pula saling mencurigai, saling membenci, saling merugikan, dan sebagainya. Sebagai mahluk pribadi, manusia dapat menentukan sendiri apa yang baik dan apa yang buruk.
Faktor – faktor Tingkah Laku Seseorang
Beberapa faktor yang menentukan tingkah laku seseorang yaitu :
·         Faktor biologis
·         Faktor sosiopsikologis
·         Faktor genetik
IV . Usaha / Perjuangan

Pengertian Usaha/Perjuangan

Usaha/Perjuangan adalah suatu tindakan yang dikerjakan dengan sungguh – sungguh serta kerja keras untuk melakukan apa yang di inginkannya.

Ayat – ayat Al’Quran Tentang Usaha/Perjuangan

"Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum, kecuali jika mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri".  (Al-Quran surat Ar-Ra'du ayat 11)

V . Keyakinan atau Kepercayaan

Aliran filsafat

Dalam keyakinan atau kerpercayaan tedapat beberapa aliran filsafat yaitu :
·         Aliran naturalisme
·         Aliran intelektualisme
·         Aliran gabungan

Pengertian Keyakinan atau Kepercayaan

Keyakinan atau kepercayaan adalah suatu pola pikir manusia yang mereka ikuti sebagai pedoman hidup mereka.

VI . Langkah – langkah Berpandangan Hidup yang Baik

Langkah Berpandangan Hidup

Beberapa langkah untuk berpandangan hidup secara baik yaitu :
1.      Mengenal
2.      Mengerti
3.      Menghayati
4.      Meyakini
5.      Mengabdi
6.      Mengamankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar