DAS

Minggu, 03 Juni 2012

Manusia dan Keindahan


I . Keindahan

Pengertian Keindahan

Keindahan merupakan sesuatu wujud yang enak di lihat atau di pandang. Keindahan sendiri juga mendatangkan kesenangan bagi yang melihatnya.

Perbedaan Antara Keindahan Sebagai Kualitas Abstrak dan Sebagai Sebuah Benda Yang Indah

Membedakan keindahan sebagai suatu kualitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah, yang membedakan dari kedua tersebut ialah bentuk atau wujudnya kalau keindahan itu bersifat abstrak berarti keindahan itu tidak berbentuk atau tidak jelas sedangakan kalau keindahan sebagai suatu benda tertentu tentu saja wujud keindahan tersebut jelas dan berbentuk.

Pengertian Keindahan Seluas-luasnya

Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adapt kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.

Nilai Estetik

Sedangakan keindahan sebagai nilai estetik merupakan suatu nilai yang mempelajari tentang suatu keindahan, yang bagaimana keindahan tersebut dapat terbentuk dan bagaimana seseorang dapat merasakan keindahan tersebut.

Perbedaan Nilai Ekstrinsik dan Nilai Intrinsik

Dalam suatu keindahan terdapat dua nilai yaitu nilai intrinsik dan nilai ekstrinsik, kita dapat mengetahui nilai intrinsik itu merupakan suatu pesan yang tersirat dari pengarang ke pembaca yang biasa di tuangkan dalam puisi , sedangan nilai ekstrinsik sendiri itu sebuah benda atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan contohnya puisi tersebut.

Pengertian Tentang Kontemplasi Dan Ekstansi

Dan dalam suatu keindah terdapat beberapa pengertian yaitu tentang kontemplasi dan ekstansi, dapat kita ketahui kontemplasi merupakan suatu cara untuk menenangkan hidup kita dapat melakukannya dengan merenungkan diri serta bermeditasi. Sedangkan ekstansi sendiri merupakan dasar yang terdapat dalam diri manusia untuk merasakan, menyatakan dan menikmati sesuatu yang indah.

II . Renungan

Teori-teori Dalam Renungan

Dalam renungan terdapat beberapa teori yaitu :
  • ·         Teori pengungkapan
  • ·         Teori metafisik
  • ·         Teori psikologis
III . Keserasian

Teori-teori Dalam Keserasian

Dalam keserasian terdapat beberapa teori yaitu :
  • ·         Teori Objektif dan Subjektif
  • ·         Teori Perimbangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar